• Call us now

    0751-33624
  • Address

    Jl. Terandam III No 27 B Padang
  • Schedule

    Senin - Jum`at 08:00-14:00
Awesome Image

Padang Butuhkan 3.000 Kantong Darah Sebulan

Pmipadang.org – Sebanyak 10 pendonor darah di atas 125 kali mendapatkan apresiasi dari PMI Kota Padang dengan memberangkatkan mereka ke tanah suci.

Dari 10 orang itu, 9 orang berangkat umrah dan satu orang perjalanan religius karena beragama non muslim. Mereka berangkat pada 23 Maret mendatang dan berpamitan dengan walikota di rumah dinas walikota Jln. A. Yani, Rabu (20/3).

Walikota mengatakan, Padang paling sedikitnya satu bulan membutuhkan sebanyak 3.000 kantong darah. Bila banyak yang datang berobat atau bencana alam bisa mencapai 5.000 kantong.

Artinya, kebutuhan banyak tersebut bila tak diiringi dengan kesadaran yang tinggi oleh masyarakat untuk mendonorkan darahnya maka Kota Padang akan kesulitan. Disebutkannya, para pendonor muda pun kini sudah mulai banyak dan Pemko Padang pun mengapresiasinya.

“Memberangkatkan umrah ini adalah program PMI Padang yang tiap tahun diberikan kepada para pendonor. Itu sebagai wujud terima kasih karena telah menyelamatkan banyak nyawa,”ujar Mahyeldi yang juga Ketua PMI Kota Padang.

Disebutkannya, cukup banyak para pendonor di atas 125 kali di Kota Padang dan akan diberangkatkan secara bertahap karena keterbatasan anggaran. Dia pun meminta para pengusaha untuk bisa membantu memberangkatkan para pendonor darah tersebut.

Dari 10 orang yang berangkat umrah tersebut, sebanyak 4 orang diberangkatkan oleh pengusaha. Dia meminta peran serta dari pengusaha lainnya untuk berpartisipasi ke depannya.

Pada tempat yang sama, Ketua Harian PMI Kota Padang, Zaiful Zakaria mengatakan, PMI Padang hanya memiliki anggaran memberangkatkan umrah 6 orang yang berasal dari dana hibah APBD pada tahun ini.

Dikatakannya, 10 orang yang berangkat ini adalah hasil seleksi dari pendonor sukarela. Artinya, pendonor yang terbanyak itu yang diberangkatkan umrah atau perjalanan religius.

Menurut Zaiful Zakaria, ada sebanyak 14.000 pendonor di Kota Padang saat ini . Di iatas 125 kali pendonor ada sebanyak 300 orang. Memberangkatkan pendonor umrah tersebut, baru PMI Kota Padang melakukannya dibandingkan PMI yang ada di seluruh Indonesia. (syawaldi)

Sumber : Harian Umum Singgalang

Add Your Comments

Name*
Email*
Website / Blog
Your Comments
 

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'imagick' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: